A huge collection of 3400+ free website templates JAR theme com WP themes and more at the biggest community-driven free web design site
Give your website a premium touchup with these free WordPress themes using responsive design, seo friendly designs www.bigtheme.net/wordpress
Home / Program Kerjasama Kemitraan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Nasional (KKP3N)

Program Kerjasama Kemitraan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Nasional (KKP3N)

KKP3N adalah program kerjasama penelitian antara Badan Litbang Pertanian dengan Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian Nasional lainnya yang berbadan hukum (LPK, LPNK, BUMN/Swasta) di Indonesia yang mempunyai kompetensi di bidang penelitian pertanian dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Tim peneliti terdiri atas 3 (tiga) sampai 5 (lima) orang peneliti dan berasal dari 3 (tiga) institusi berbeda.
  2. Penanggung jawab tim peneliti dapat berasal dari Perguruan Tinggi/Lembaga Penelitian Nasional atau dari Badan Litbang Pertanian, dengan ketentuan sebagai berikut:

Penanggung jawab berasal dari Perguruan Tinggi atau Lembaga Penelitian Nasional

  • Perguruan Tinggi atau Lembaga Penelitian Nasional yang mengajukan proposal harus mempunyai kompetensi dalam penelitian di bidang pertanian.
  • Penanggung jawab penelitian dengan bergelar doktor atau dengan jenjang fungsional serendah-rendahnya Lektor Kepala bergelar Magister untuk perguruan tinggi, dan serendah-rendahnya Peneliti Madya atau yang setara dengan gelar Magister untuk lembaga penelitian nasional.
  • Anggota tim peneliti terdiri atas sekurang-kurangnya 1 (satu) orang peneliti Badan Litbang Pertanian dengan jabatan fungsional aktif disertai sekurang-kurangnya 1 (satu) orang dari instansi di luar instansi penanggung jawab kegiatan dengan gelar serendah-rendahnya Magister untuk Perguruan Tinggi dan serendah-rendahnya Peneliti Muda atau yang setara untuk Lembaga Penelitian Nasional.

Penanggung jawab berasal dari Badan Litbang Pertanian :

  • Penanggung jawab penelitian dengan jenjang serendah-rendahnya Peneliti Madya atau peneliti dengan fungsional aktif bergelar doktor.
  • Anggota tim peneliti terdiri atas sekurang-kurangnya 2 (dua) orang dari perguruan tinggi atau lembaga penelitian nasional dari instansi berbeda dengan gelar serendah-rendahnya Magister untuk Perguruan Tinggi dan serendah-rendahnya Peneliti Muda atau yang setara untuk Lembaga Penelitian Nasional.
  • Tim peneliti dapat dibantu oleh teknisi litkayasa dan atau mahasiswa untuk membantu kelancaran pelaksanaan penelitian, namun asal institusinya tidak dihitung untuk memenuhi persyaratan pada butir 1 di atas.
  • Penanggung jawab penelitian hanya dapat terlibat dalam 1 (satu) judul penelitian KKP3N dalam tahun yang sama. Untuk anggota tim peneliti dapat terlibat dalam maksimal 2 (dua) judul kegiatan penelitian KKP3N dalam tahun yang sama.
  • Bidang keahlian penanggungjawab dan anggota tim peneliti harus sesuai/mendukung kegiatan penelitian yang diajukan.

 

TUJUAN

  • Membangun dan memperkuat jaringan kemitraan antara UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian dengan Perguruan Tinggi dan lembaga penelitian nasional lainnya;
  • Menghasilkan advanced-technologies pertanian melalui pemanfaatan sumberdaya penelitian pertanian nasional secara sinergis;
  • Berkontribusi untuk kemajuan iptek nasional.

LUARAN

  • Terbangunnya jaringan kemitraan yang kuat antara UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian dengan Perguruan Tinggi dan lembaga penelitian nasional lainnya.
  • Produk inovasi ber-HKI berupa teknologi varietas, prototipe, formula, model, sistem dan rekomendasi kebijakan yang relevan dengan kebutuhan di lapangan.
  • Karya tulis ilmiah yang berpotensi dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal internasional.

SASARAN

  • Teknologi hasil litbang (invensi) dari skema KKP3N diharapkan dapat melengkapi inovasi teknologi dari kegiatan penelitian in-house UK/UPT Badan Litbang Pertanian guna menjawab kebutuhan riil teknologi di lapangan dan mempercepat pencapaian program strategis pembangunan pertanian nasional.

BIDANG PRIORITAS

Kegiatan penelitian yang dapat didanai dari skema KKP3N adalah penelitian yang hasilnya diharapkan dapat mendukung percepatan pencapaian program utama Kementerian Pertanian dan menjadi trend setter inovasi pertanian ke depan. Untuk lebih memaksimalkan dukungan tersebut, program kerjasama penelitian ini difokuskan pada empat bidang prioritas, yaitu: (1) Ketahanan Pangan, (2) Bioenergi, (3) Bioindustri, dan (4) Keamanan Hayati dan Kimia Lahan Pertanian.

Ketahanan Pangan sebagai salah satu isu utama nasional memiliki dua aspek penting, yaitu ketersediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya. Dalam hal ketersediaan pangan, produksi pangan menjadi faktor kunci dan upaya peningkatan produksi pangan perlu terus dilakukan seiring dengan peningkatan kebutuhan sebagai akibat pertumbuhan penduduk setiap tahunnya. Akan tetapi, dalam upaya tersebut terdapat beberapa kendala yang dapat mempengaruhi produksi pangan yang perlu diperhatikan dan diantispasi seperti perubahan iklim, berkurangnya lahan pertanian produktif sebagai akibat konversi lahan untuk kepentingan lain, masih rendahnya efisiensi produksi, ketergantungan terhadap beras yang tinggi. Untuk mengatasi kendala tersebut beberapa topik penelitian dapat dilakukan dan dikembangkan sebagai alternatif solusi seperti penelitian dan pengembangan teknologi adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim, pemanfaatan lahan sub-optimal dan pemulihan kesuburan/ remediasi lahan terdegradasi/tercemar, teknologi mendukung peningkatan efisiensi produksi, pre-breeding dan atau perakitan varietas tanaman berbasis bioteknologi untuk toleransi terhadap cekaman abiotik dan biotik di lahan sub-optimal, peningkatan produktivitas ternak, serta diversifikasi produk dan sumber pangan baru.

Bidang bioenergi utamanya ditujukan untuk memanfaatkan produk pertanian atau limbah pertanian sebagai bahan dasar untuk menghasilkan sumber energi terbarukan menggantikan atau sebagai pelengkap sumber energi fosil. Beberapa topik penelitian dan pengembangan yang relevan untuk maksud tersebut antara lain teknologi mekanisasi untuk pengembangan bioenergi yang efisien dan ramah lingkungan, pengembangan bioenergi berbasis komoditas pangan dan non-pangan, dan pengembangan bioenergi dari bahan baku limbah pertanian (generasi kedua pengembangan sumber energi terbarukan)

Bidang bioindustri yang berhubungan dengan pertanian adalah upaya untuk menghasilkan beragam pangan sehat dan produk bernilai tambah tinggi dari sumberdaya hayati pertanian. Untuk itu, topik penelitian yang dapat dilakukan dalam mendukung upaya pengembangan bioindustri tersebut antara lain peningkatan nilai tambah dan daya saing komoditas pertanian serta teknologi produksi bahan baku industri dan produk baru.

Keamanan Hayati dan Kimia Lahan Pertanian merupakan salah satu bidang penting dalam kegiatan pertanian, misalnya pencemaran yang terjadi pada lahan pertanian akibat penggunaan bahan kimia dalam aktivitas pertanian atau aktivitas manusia lainnya. Untuk maksud tersebut, kegiatan penelitian yang berhubungan remediasi lingkungan pertanian serta pengendalian gulma, hama dan penyakit tanaman ramah lingkungan menjadi sangat perlu untuk dilakukan termasuk aplikasi teknologi radioaktif untuk menemukan sumber air untuk irigasi.

 

Website : http://kkp3n.litbang.pertanian.go.id/

Print Friendly