A huge collection of 3400+ free website templates JAR theme com WP themes and more at the biggest community-driven free web design site
Home / Kabar / MUI-ITS MEMBENTUK SINERGI LEWAT HALAL ITS

MUI-ITS MEMBENTUK SINERGI LEWAT HALAL ITS

MUI-ITS

Kamis, (24/3), ITS Halal Center resmi dibuka dan berdiri di bawah naungan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ITS. Keberadaan lembaga ini ditujukan untuk membantu kinerja Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam menentukan kehalalan suatu produk.

Ketua ITS Halal Center Dr rer nat Fredy Kurniawan M Si menyebutkan, variasi produk yang semakin banyak menyebabkan diperlukannya lembaga khusus untuk mengkaji perihal kehalalan suatu produk.”Meski demikian, keberadaan Halal ITS bukan dimaksudkan untuk menandingi fatwa MUI,” tekannya.

Senada dengan Fredy, Ketua LPPM ITS, Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT juga menegaskan bahwa fungsi dari ITS Halal Center adalah untuk membantu MUI dalam hal analisa produk, bukan membuat fatwa. “Ini karena rasa tanggung jawab ITS terhadap umat muslim di Indonesia,” tegasnya.

Menurutnya, lahirnya ITS Halal Center dilatarbelakangi adanya undang-undang tentang jaminan produk halal. “Di situ disebutkan bahwa pemerintah atau masyarakat diperbolehkan untuk membentuk lembaga pemeriksa halal (LPH),” terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa sebelumnya di Universitas Brawijaya (UB) telah lebih dulu membentuk lembaga serupa. Bahkan, lanjut Adi, PTN lain juga dalam waktu dekat dikabarkan akan segera menyusul mendirikan lembaga kajian halal seperti ini.

Sementara itu Prof Dr Heru Setiawan MM mewakili Rektor ITS mengatakan bahwa ITS Halal Center merupakan bentuk sumbangan kompetensi ITS kepada masyarakat. “Dengan semakin banyak lembaga kajian halal haram di Indonesia, diharapkan masyarakat semakin yakin bahwa produk yang mereka konsumsi terjamin kehalalannya,” pungkas Heru. (qi/pus)

 

Sumber berita dari : https://www.its.ac.id/berita/100018/en

Print Friendly

About admin

Check Also

Pengumuman Peserta Program Pengembangan Teknologi Industri 2017 – Gelombang I

  PENGUMUMAN Peserta Program Pengembangan Teknologi Industri Tahun 2017 Gelombang I Proposal Program Pengembangan Teknologi …

Paparan Menristekdikti dalam Acara Peluncuran Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XI

  File Paparan terlampir : Paparan Menristekdikti dalam Acara Peluncuran Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *